BerandaBerita TerbaruMendamba Pemimpin yang Melindungi Hak Anak, Komnas Anak Dukung Paslon Ngebas

Mendamba Pemimpin yang Melindungi Hak Anak, Komnas Anak Dukung Paslon Ngebas

Prihatin dengan perhatian pemerintah selama ini kurang terhadap hak anak, Komnas Perlindungan Anak Kabupaten Semarang mengingikan perubahan terhadap nasib anak-anak dengan memberikan dukungan terhadap pasangan calon (paslon) nomor 2, H Ngesti Nugraha-HM Basari (Ngebas).

Ari Sulistyo, Sekretaris Komnas Anak Kabupaten Semarang mengatakan, dukungan diberikan kepada paslon Ngebas karena sudah menunjukkan komitmen berpihak dan melindungi hak anak.

“Paslon Ngebas menyatakan komitmen melindungi dan membela hak anak, bukan sekedar formalitas saja namun menunjukkan bukti nyata, jadi kami dari Komnas Anak Kabupaten Semarang siap memberi dukungan nyata kepada bapak Ngesti dan Basari,” jelasnya, Selasa (6/10/2020) di Posko Pemenangan Ngebas di Jalan Fatmawati Tuntang, Kabupaten Semarang.

Ari mengatakan, di Kabupaten Semarang banyak anak yang menjadi korban karena kurangnya kesadaran orangtua dan orang dewasa dalam memahami hak anak. Berulang kali kejadian, karena belum adanya sosialisasi pucuk pimpinan Pemkab Semarang pada masyarakat.

“Kurangnya kesadaran tersebut salah satunya karena pemerintah, dalam hal ini pemimpin tidak memahami dan tidak melakukan sosialisasi mengenai UU Perlindungan Anak,” paparnya.

Dia menilai kasus yang melibatkan anak sebagai korban hampir setiap tahun terjadi. Kasus paling banyak karena kejahatan orang dewasa. Kondisi saat ini tidak bisa dilakukan formalitas, namun bukti nyata dengan turun langsung ke lapangan memberi pembinaan pada masyarakat.

“Ada puluhan kasus yang terjadi, namun kebanyakan berakhir damai atau kekeluargaan sehingga pelaku tidak merasa jera,” ungkap Ari.

Kasus yang sering terjadi, disebutkan kekerasan seksual, kekerasan fisik, pernikahan dini, dan penelantaran.

Calon Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan siap menjadikan Kabupaten Semarang sebagai daerah yang berpihak kepada anak. Kehadiran pemimpin di tengah-tengah masyarakat selama ini sangat diharapkan.

“Anak adalah generasi penerus bangsa, harus kita jaga agar hak-haknya tidak terenggut orang yang lebih dewasa” jelasnya. (abi/tm)

Sumber : https://ungarannews.com/2020/10/06/mendamba-pemimpin-yang-melindungi-hak-anak-komnas-anak-dukung-paslon-ngebas/

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Need Help? Chat with us