BerandaBerita TerbaruKontak Tani dan Nelayan Andalan Sampaikan Aspirasi ke Cabup Ngesti Nugraha

Kontak Tani dan Nelayan Andalan Sampaikan Aspirasi ke Cabup Ngesti Nugraha

Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2, H Ngesti Nugraha – HM Basari (Ngebas) semakin banyak mendapatkan dukungan dan aspirasi dari masyarakat Kabupaten Semarang.

Kali ini dukungan diberikan masyarakat petani yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Semarang. Mereka sekaligus menyampaikan aspirasi dengan penuh harap paslon Ngebas dapat memenangi Pilkada Kabupaten Semarang 2020 tanggal 9 Desember mendatang.

“Kami yakin paslon Ngebas memenangi Pilkada Kabupaten Semarang. Harapan kami bapak Ngesti menjadikan pertanian prioritas pembangunan karena menyangkut urusan pangan,” ujar Ketua Kelompok Wanita Tani Kabupaten Semarang, Subiyarti dalam pertemuan KTNA dengan Calon Bupati (Cabup) H Ngesti Nugraha di RM Cikal Gading Tuntang, Sabtu (10/10/2020).

Subiyarti berharap sarana dan prasana pertanian harus dipikirkan bersama antara petani dan pemerintah, termasuk memikirkan kebutuhan pangsa pasar. Campur tangan pemerintah daerah sangat diharap, diwujudkan dengan memfasilitasi pasar petani.

“Petani sangat membutuhkan pasar. Selain pasar offline juga online, termasuk pasar wisata. Petani perlu pendampingan pemerintah karena banyak yang belum mengerti teknologi pemasaran,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Subiyarti, fungsi BUMDes juga harus ditinjau ulang dalam keberpihakan terhadap petani. Keberadaannya memberikan peluang potensi pertanian dengan memfasilitasi penjualan.

“Selama ini BUMDes mendapat hasil pertanian dari suplai, tidak bisa kulakan sendiri. Kalau bisa kulakan sendiri akan meningkatkan kesejahteraan petani di sekitar BUMDes,” kata Subiarti.

Dia juga berharap agar kepala desa diberi pengertian pentingnya pertanian. Sehingga petani dilibatkan dalam Musrenbangdes agar aspirasinya bisa disalurkan ke Pemerintah Kabupaten Semarang.

Sementara Suparno dari Kelompok Tani Kradenan Kaliwungu menyampaikan petani di wilayahnya seluas sekitar 25 hektare selalu kekurangan air.

“Petani menggunakan sumur dalam dan sungai kemudian disedot dengan diesel sehingga biaya operasionalnya tinggi. Kami berharap ada mikrohidro agar petani tidak terbebani,” paparnya. Baca Juga: Pembangunan “Dianaktirikan” Pemkab Semarang, Warga “Kidul Kali Tuntang” Deklarasi Dukung Ngebas

Ngesti Nugraha menyampaikan terima kasih atas aspirasi dan dukungan petani dan nelayan Kabupaten Semarang. Dikatakan putra asli Kabupaten Semarang ini, bahwa darah petani mengalir di tubuhnya.

“Jadi tentu aspirasi ini menjadi prioritas untuk diperjuangkan,” tegasnya.

Dia menyatakan bahwa saat ini teknologi di dunia pertanian terus berkembang. Kehadiran teknologi dibutuhkan dalam pertanian untuk meningkatkan hasil panen.

“Pemerintah harus hadir memberi bantuan, pendampingan, dan membukakan pasar agar kesejahteraan meningkat,” paparnya.

Paslon Ngebas, lanjutnya, memiliki enam program prioritas di bidang pertanian. Yakni peningkatan produktifitas dan hasil produksi pertanian, meningkatkan ketersediaan air, bantuan subsidi asuransi pertanian.

Selain itu meningkatkan kesejahteraan penyuluh pertanian lapangan dan petugas kesehatan hewan, pembangunan wisata edukasi pertanian terintegrasi, dan meningkatkan pemberdayaan kelompok tani Gapoktan dan kelompok wanita tani. (abi/tm)

Sumber : https://ungarannews.com/2020/10/11/kontak-tani-dan-nelayan-andalan-sampaikan-aspirasi-ke-cabup-ngesti-nugraha/

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Need Help? Chat with us