Ngesti Nugraha Merespon Baik BPBD Libatkan Komunitas Difabel Dalam Mitigasi Bencana

Kabupaten Semarang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang berencana akan melibatkan komunitas difabel dalam proses mitigasi bencana di Bumi Serasi. 

Bupati Semarang Ngesti Nugraha merespon baik rencana BPBD untuk melibatkan komunitas difabel tersebut. Ngesti Nugraha menyatakan bahwa seluruh warga masyarakat Kabupaten Semarang memiliki kewajiban yang sama manakala terjadi bencana termasuk komunitas difabel. 

Ngesti Nugraha mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang senantiasa memfasilitasi pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan potensi kaum difabel tidak terkecuali pengetahuan kebencanaan. 

“Harapannya apa, mereka (difabel) dapat menjadi pendukung penting bagi anggota TNI, Polri dan BPBD untuk memberikan pertolongan kepada korban pada kesempatan pertama. Korban itu berarti pula diri sendiri, karena petugas tidak senantiasa ada dilokasi saat terjadi bencana,” pungkas Ngesti, saat ditemui di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Semarang, Kamis (8/4/2021).

Ngesti Nugraha menegaskan, gerak cepat menjadi hal yang sangat penting untuk meminimalkan korban dan kerugian akibat bencana alam.

Koresponden: Heru P