BerandaBerita TerbaruNgesti Ziarah Ke Makam Ki Ageng Pandaranan

Ngesti Ziarah Ke Makam Ki Ageng Pandaranan

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha memimpin rombongan ziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran I, Selasa (9/3/2021) pagi. Tokoh yang lekat dengan sejarah berdirinya Kabupaten Semarang itu dimakamkan di Kelurahan Mugassari, Semarang Selatan Kota Semarang. Kegiatan ziarah merupakan salah satu rangkaian acara peringatan hari Jadi ke-500 Kabupaten Semarang tanggal 15 Maret 2021.

Bupati yang datang sekitar pukul 09.00 WIB di lokasi makam diterima Pembina Yayasan Pandanaran H Aris Pandan Setiawan. Ikut serta dalam rombongan itu Wakil Bupati Semarang H Basari, Pj Sekda Suko Mardiono, tokoh agama dan pimpinan SKPD.
Sebelum memasuki kompleks makam, Bupati H Ngesti Nugraha melaksanakan salat sunnah dua rekaat di masjid yang berada di kompleks makam.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh ulama KH Rohadi dan doa oleh Ketua MUI KH Miftahudin. Bupati dan Wakil Bupati beserta istri dan pejabat terkait lainnya duduk bersila di ruangan sempit yang melingkupi makam Ki Ageng Pandanaran I.

Usai berdoa, Bupati H Ngesti Nugraha dan istri menaburkan bunga di pusara makam Ki Ageng Pandanaran I dan dua makam lain yang mengapitnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Wakil Bupati H Basari, Pj Sekda Suko Mardiono dan lainnya.
Juru kunci makam, Agus Krisdiono menjelaskan makam Ki Ageng Pandanaran I diapit oleh makam ayahnya, Syeh Maulana Ibnu Abdul Salam dan sang istri, Nyi Pandanaran I. “Ki Ageng Pandanaran I itu ayah Bupati Semarang pertama Ki Ageng Pandanaran II. Makamnya di Tembayat, Klaten,” terangnya.

Usai acara ziarah, Bupati H Ngesti menyerahkan bantuan kepada Yayasan Pandanaran Semarang yang diterima H Aris Pandan Setiawan. Dikatakan, ziarah untuk mendoakan leluhur Kabupaten Semarang. Sekaligus menghargai jasa pendahulu Kabupaten Semarang. ” Kita berdoa dan berharap Kabupaten Semarang semakin sejahtera,” tegasnya.

Sementara itu Pembina Yayasan Sosial Sunan Pandan Arang Semarang, Aris Pandan Setiawan, menghargai kunjungan Bupati Semarang bersama rombongan. Menurutnya, momentum ziarah ini sangat istimewa karena bertepatan dengan tahun pertama Bupati H Ngesti Nugraha menjabat. “Pertama kali Bupati H Ngesti Nugraha melakukan ziarah tepat di lima abad berdirinya Kabupaten Semarang, Ini suatu langkah yang sangat istimewa dan semoga membawa kebaikan bagi Kabupaten Semarang. Sekaligus ikhtiar penting untuk terus mengingat sejarah panjang Kabupaten Semarang,” ujarnya.(*/Junaedi)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Need Help? Chat with us