BerandaBerita TerbaruNgesti Nugraha Tinjau Persedian dan Harga Komoditas Strategis

Ngesti Nugraha Tinjau Persedian dan Harga Komoditas Strategis

Kabupaten SemarangBupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H., mendampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Dr. Ir. Suwandi, M.Si., untuk meninjau persediaan komoditas pangan di Pasar Bandarjo, Ungaran Barat, Minggu (17/4/2022).

Suwandi, bersama Ngesti Nugraha berkeliling pasar dan berdialog dengan para pedagang. Harga beberapa komoditas juga menjadi perhatian, diantaranya, telur per kilogram mencapai Rp. 23 ribu, daging Sapi Rp. 120 ribu-Rp.125 ribu, kentang berkisar Rp. 9 ribu-Rp. 12 ribu, serta cabai seharga Rp. 22 ribu per kilogram. Sedangkan harga Minyak Goreng curah berkisar di Rp. 20 ribu per liter dan kemasan seharga Rp. 24 ribu per liter.

Menurut Suwandi, persedian kebutuhan komoditas pangan seperti beras, saat ini masih dapat mencukupi, bahkan berlebih. Hal itu dikarenakan, wilayah Jawa Tengah merupakan lumbung terbesar kedua setelah Jawa Timur.

Sementatar itu, Ngesti Nugraha menegaskan, akan terus melakukan pantauan harga dan persediaan terhadap komoditas strategis, terutama di pasar-pasar tradisional. Apabila ada kenaikan harga, Ngesti, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang berharap, hal itu masih dalam batas wajar.

Kepala Dispertanikap Kab. Semarang, Wigati Sunu menjelaskan, ketersediaan Beras sebagai komoditas utama sangat melimpah. Pada minggu kedua Bulan April ini, tersedia 3.697 dari kebutuhan sebanyak 1.292 kg. Selain itu, komoditas daging Sapi dan daging Ayam, serta telur juga mencukupi.

“Bahkan persediaan cabai merah keriting dan cabai rawit melimpah. Pada bulan ini diperkirakan, akan panen cabai rawit sebanyak 872 ton dari luas panen 143 hektar. Persediaan cabai keriting juga diperkirakan bertambah 714 ton. Sementara, untuk bawang merah diperkirakan akan panen sebanyak 11 ton dari luas panen dua hektar,” pungkasnya.

Koresponden : Black

Sumber = https://derapjuang.id/featured/ngesti-nugraha-tinjau-persedian-dan-harga-komoditas-strategis/

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Need Help? Chat with us